Tanggal 7 Desember 2017, UMY menerima kunjungan dari Universitas Galuh Ciamis di ruang Amphiteater lantai 4 Gedung Paskasarjana UMY. Kunjungna tersebut dihadiri oleh  Dr Titin Purwaningsih, S.IP., M.Si, selaku Dekan FISIPOL UMY, Aan Anwar Sihabuddin, SH, S.IP, M.Si  , Dekan FISIPOL, Universitas Galuh  Ciamis, West Java (UNIGAL), dr. Farindira Vesti Rahmasari, MSc, Kepala Urusan Kerjasama UMY, dan beberapa perwakilan dari UNIGAL.

Acara tersebut diawali dengan penandatangan Nota Kesepahaman antara UMY dan UNIGAL yang selanjutnya dilanjutkan dengan seminar. Nota Kesepahaman itu bertujuan untuk membangun komitmen bersama dalam menciptakan kerjasama dalam pengembangan potensi daerah dan kampus terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Setelah dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman, acara tersebut dilanjutkan dengan seminar yang sampaikan oleh Dr Diyah Mutiarin, M.Si and Dr Chand Suswanta, M.Si terkait inovasi dalam tata kelola desa. Seminar tersebut memberikan arahan dan motivasi kepada peserta seminar agar dapat mengelola secara optimal potensi daerah, khusunya di desa. – scha