Tanggal 4 Oktober 2017, Sejalan dengan misi UMY dalam mengelola pelayanan pendidikan, penelitian dan pengembangan komunitas secara profesional, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyepakati perjanjian kerjasama yang di tanda tangani di ruang Sidang Rektorat lt. 1 gedung A. R. Fachrudin A.

Salah satu isi perjanjian kerjasama yang disepakati adalah kerjasama terkait pertukaran Mahasiswa, Staff,  Peneliti dan Ahli serta kerjasama terkait informasi akademik dan penelitian. Sebagai perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 2002, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA  selaku Rektor UIN Syarif Hidayatullah menyampaikan, bahwa bekerjasama dengan UMY akan mampu meningktakan kualitas UIN Syarif Hidayatullah sehingga dapat bersaing dengan universitas lainnya di Indonesia.

Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP, Rektor UMY, menyampaikan bahwa kerjasama yang dibentuk merupakan simbol dari persahabatan antara UMY dan UIN Syarif Hidayatullah. Ia berharap semoga kedepannya kerjasama yang dilakukan oleh kedua pihak dapat meningktakan kualitas pendidikan, khusunya dibidang kesehatan dan sains. by-scha